Pages

Kamis, 12 Januari 2017

Cara menciptakan keluarga harmonis dan sejahtera



Bagi setiap pasangan yang sudah menikah tentunya impian jangka panjang mereka adalah ingin selalu menciptakan suasana rumah tangga yang harmonis, nyaman, dan selalu saling membahagiakan satu sama lainnya. Menciptakan rumah tangga atau keluarga yang harmonis tidaklah semudah membicarakannya karena pada prakteknya banyak sekali hal-hal yang membuat suasana dalam rumah tangga menjadi keruh sehingga menimbulkan ketidaknyamanan bagi pasangan maupun anak-anak kelak.  




Biasanya diawali dengan pertengkaran-pertengkaran kecil yang jika dibiarkan tanpa diselesaikan justru akan membuat masalah besar dalam rumah tangga. Ribut-ribut kecil dalam rumah tangga inilah yang seharusnya segera diselesaikan dengan cara saling membicarakan pendapat masing-masing tanpa sikap emosional. 

Berikut ini adalah tips untuk menciptakan rumah tangga yang harmonis yang mudah-mudahan jika diterapkan akan bermanfaat buat kita semua :

1. Saling bersikap jujur dan terbuka terhadap pasangan
2. Saling berusaha menciptakan suasana yang menyenangkan dalam keluarga
3. Hindari sikap emosional dan egois dalam menghadapi masalah keluarga
4. Membuat komitmen jangka panjang dengan pasangan
5. Mengutamakan kebersamaan dalam keluarga
6. Bijak dan tegas dalam menghadapi masalah serta selalu memegang teguh ajaran agama
7. Tidak membawa masalah dari luar ke dalam rumah tangga
8. Berikan perhatian penuh pada anak dan masa depannya
9. Biasakan gaya hidup yang sehat dalam keluarga
10. Memilih lokasi tempat tinggal yang baik untuk keluarga
11. Menjalin silaturahmi dengan keluarga pasangan secara baik
12. Perhatikan lingkungan sekitar dan bersosialisasilah dengan baik

Adakalanya pasangan suami istri yang bekerja merasa hubungannya tidak semesra dulu seperti pada saat pertama kali berumah tangga. Beberapa riset membuktikan, untuk menghidupkan kembali hubungan suami istri seperti ketika pertama kali menikah, keduanya perlu meluangkan waktu bersama seperti bulan madu kembali (re-honeymoon), hal itu kemungkinan besar membuat hubungan akan menjadi membaik.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar